Gaya Belajar Anak Auditori

15.03 Viana Dew 2 Comments

Apakah kamu bisa membaca perasaan seseorang melalui nada suaranya ?
Apakah kamu lebih suka mendengarkan musik ?
Apakah kamu pandai bercerita dengan menggunakan nada suara berbeda?
Apakah kamu bisa mengingat nama orang ?
Jika KAMU berkata YA

PASTILAH KAMU SEORANG AUDITORI


Hai tipe auditori, 
Kalian tipe orang yang tidak akan betah lama-lama membaca sebuah tulisan apalagi tulisan saya ini karena saya akan menulis panjang x lebar dari A sampai Z. Jadi, jika kalian tidak suka berlama-lama membaca cuap-cuap saya ini, silahkan melihat videonya saja ya. Saya mencoba memahami kalian dengan menampilkan video atau suara-suara sesuai dengan tipe belajar kalian.




Beberapa teman atau anak-anak yang sering kali saya temui, saya cenderung bingung dengan belajar mereka yang berbeda-beda. Nah, kali ini saya akan membahas ciri-ciri orang auditory sehingga cara belajar auditory pun cenderung akan membentuk hoby bahkan pekerjaan kalian.
Ciri-ciri pembelajar Auditory :
1. Senang mendengarkan musik
    Orang auditory cenderung menyukai suara-suara atau musik. Walaupun suatu presentasi yang ditampilkan terlihat biasa saja namun jika diisi dengan background suara yang "wah" akan membuat orang auditory tertarik. Mereka cenderung memperhatikan jika ada suara yang menemani. Jadi jangan paksa mereka untuk melihat tanpa ada suara yang membuatnya tertarik. oke !

2. Mereka pandai sekali bercerita dan membuat lelucon
    Karena mereka menyukai musik dan suara-suara, ketika berbicara mereka pun secara tidak sengaja menggunakan nada-nada. Ada nada untuk memperjelas penekanan suatu kata atau bahkan kalimat. Jadi, tidak mengherankan jika orang tipe auditory ini sangat pintar bercerita. Kalian pasti heran jika melihat seseorang dengan mudahnya bercerita dan disukai oleh anak-anak. Yap, karena mereka memiliki kelebihan pada suaranya.

3. Dapat mengetahui perasaaan orang lain hanya dengan mendengar suaranya
     Seperti yang kita bahas sebelumnya, karena kepekaaan orang auditory tentang suara sangat tajam, mereka sudah pasti tahu apa yang orang itu rasakan hanya dengan mereka berbicara. Entah mereka menceritakan yang mereka alami atau tidak. Tetapi ia akan mengetahuinya. Jika memang kalian tipe orang auditory, maka pandai-pandailah menempatkan diri jika orang yang kalian ajak bicara sedang tidak pada mood yang baik ya.

4. Mereka tidak suka diberi instruksi secara tertulis
    Bagi auditory, sebagian tulisan itu menyenangkan jika mereka memang ingin membaca dan biasanya mereka membaca dengan nada suara yang keras. Tetapi bagaimana dengan perintah atau instruksi tertulis? Apakah ia akan memperhatikan ? kenyataaanya TIDAK!
Mereka tidak menyukai instruksi tertulis dan mereka akan meminta seseorang untuk menerangkan, membacakan atau menjelaskan instruksi tertulis itu. Karena baginya suara ketika orang menjelaskan jauh lebih mudah dipahami. Apakah itu pernah kalian alami ? Jika iya, kalian cenderung masuk tipe Auditory

5. Mudah mengingat Nama dibandingkan Wajah
    Hal ini berkebalikan dengan orang tipe Visual, orang tipe visual cenderung melupakan nama orang tersebut dibandingkan wajahnya. Tapi bagi orang auditory, mereka akan mudah mengingat nama orang melalui cara dia mengerjakan sesuatu dibandingkan dengan mengingat wajah.

6. Suka menirukan suara benda-benda
7. Sering berbicara dengan diri sendiri
8. Bercerita, Berdebat, berdiskusi, Bernyanyi sangat mereka sukai

Nah itulah beberapa ciri orang auditory. Apakah kalian termasuk tipe ini ? Hanya kalian yang bisa menjawabnya.


Sekarang kita akan membahas, kira-kira pekerjaan apakah yang cocok dengan orang auditory ini ?
1. Penyair
2. Pendongeng Cerita
3. Penyanyi
4. Pemusik/ Pemain Band
5. Sejarawan
6. Pencipta Lagu
7. Penyiar Radio
8. Guru Musik
9. Psikolog
10. Dubber/ Pengisi Suara

Beberapa pekerjaan itulah yang dapat saya temukan untuk orang-orang tipe auditory. Mungkin masih banyak lagi pekerjaan yang perlu untuk digali. Kalian bisa mencari tahu sendiri sesuai dengan kesukaan dan hoby kalian.

Ingat ya, jangan pernah memaksakan seseorang untuk mengikuti cara belajar atau pola pikir kita. Karena orang memiliki tipe belajar yang berbeda-beda. Yuk, cinta damai tak perlu berdebat hehe.
Semoga tulisan kali ini bermanfaat.
Matur Nuwun.

-Viana Dew-

You Might Also Like

2 komentar:

  1. ya bener
    cara belajar seseorang berbeda beda

    begitu pula
    cara menanggapi nya
    juga berbeda beda .





    Supplier Tas Terbesar

    BalasHapus
  2. setuju banget mbak,
    pola belajar membentuk kepribadian tiap orang :)
    Makanya berbeda-beda hihi

    BalasHapus