Sedekah dhuha

14.12 Viana Dew 0 Comments

Dulu, aku tak pernah tahu apa itu sholat dhuha dan ada manfaat apa saja di dalam sholat itu. 
Dulu bagiku, kalau kita sudah mengerjakan sholat 5 waktu itu sudah cukup tak perlu lah tambah sholat-sholat lain lagi. 

lambat laun, semua pemikiran itu hilang entah kemana. Mungkin ke dunia antah berantah kali ya, hehehe. tak tahu kenapa setelah aku memahami salah satu hadis yang berbunyi :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
كُلُّ سُلاَمَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ كُلَّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ، تَعْدِلُ بَيْنَ اثْنَيْنِ صَدَقَةٌ، وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِي دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ، وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ، وَبِكُلِّ خُطْوَةٍ تََمْشِيْهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ، وَتُمِيْطُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ
Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedakah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah shadaqah ”. [HR. Bukhari dan Muslim]

Ada lagi ni hadis yang lain :
“Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha.” (HR Muslim).

Wow subhanallah, it's amazing. 
ternyata tidak hanya uang atau harta yang perlu disedekahkan tetapi tulang-tulang persendian tubuh manusia juga bisa disedekahkan. Bayangkan saja, tubuh kita memiliki 360 persendian. Jika kita meluangkan waktu sejenak untuk shalat dhuha minimal 4 rakaat deh, kalau 2 terlalu irit, hehehe, 
Kira-kira berapa pahala dan kebaikan yang akan mengalir ke dalam tubuh kita ? 

Maha besar Allah dengan segala kekuasaanya. 
Saat aku membaca hadis itu, aku mulai merenungkan maknanya. Walaupun manusia tidak memiliki harta sekalipun, ternyata ia bisa bersedekah. Sedekah yang tertanam di badan. Hanya perlu diniati lillahi ta'ala. Apalagi jika seseorang sudah rajin dan istiqomah dalam shalat dhuha, pasti memiliki bonus lebih dari Allah. Bonus khusus langsung yaitu saat kita berada pada hari akhir. Pada hari itu ada pintu yang bisa memasukkan kita ke surganya Allah, yaitu pintu Dhuha. 

Nah, mulailah dari situ. Kita istiqomahkan untuk sedekah terutama sedekah dhuha. 
Percaya deh jika kita sedekah tidak akan sia-sia. Lagi pengen cari kerjaan, sholat dulu dah. Pengen rejeki barokah, lagi dah sholat dulu, Pengen selalu sehat dan sedekah sepanjang masa, kerjain dah tuh sholatnya. In sya Allah berkah. 

Apalagi ini, perhatikan ya hadis berikut :

“Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat Dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat.” (HR. Hakim).

Nah, manusia memang tempatnya salah dan dosa. Tak ada manusia yang tak berdosa dan suci kecuali Rasulullah saw yang sudah dijamin Allah terbebas dari dosa. Sebesar apapun dosa dan maksiat yang kita kerjakan walaupun sebanyak buih di lautan, jika kita berniat untuk bertaubat pastilah semua dosa itu akan diampuni oleh Allah kecuali syirik. 

Semangat kawan. Mari perbaiki diri kita masing-masing. Mudah-mudahan Allah ridho akan usaha, doa dan semua yang kita lakukan menjadi berkah. 

You Might Also Like

0 komentar: